Portal berita terbaik indonesia
Berita  

Penilaian Kompolnas terhadap inovasi Polsek Mampang dalam penanganan kriminalitas

Penilaian Kompolnas terhadap inovasi Polsek Mampang dalam penanganan kriminalitas

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menilai inovasi Polsek Mampang, Jakarta Selatan dalam menangani kriminalitas di wilayah itu sebagai salah satu tahapan Kompolnas Awards 2024.

“Pemantauan kami tentunya dalam rangka penilaian kepada Polsek hingga Polda yang menangani pelayanan publik dan berdampak kepada masyarakat,” kata anggota Kompolnas Mohammad Dawam di Polsek Mampang, Jakarta, Jumat.

Ia mengaku, masih melakukan klarifikasi terkait data inovasi yang sudah dikirimkan ke Kompolnas apakah benar berdampak kepada masyarakat luas.

Penilaian itu meliputi inovasi yang berkelanjutan, akuntabilitas yang menggabungkan aspirasi warga dan transparansi anggaran.

Dia berharap dari hasil penilaian dari peninjauan ini bisa didiskusikan dengan anggota tim Kompolnas lainnya.

Sementara, Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Kanitero menyatakan pihaknya masuk dalam 10 nominasi Kompolnas Awards.

“Alhamdulillah 10 nominasi kategori A, Polsek Mampang termasuk di dalamnya dengan membawa tiga inovasi,” kata David.

David menjelaskan, tiga inovasi yang diajukan yakni buku panduan petugas Satkamling, pembagian gembok motor gratis untuk mencegah pencurian sepeda motor dan pemasangan stiker area diawasi CCTV di sejumlah minimarket.

Berdasarkan data Polsek Mampang, sebelum ada inovasi itu kasus pencurian motor setiap harinya warga bisa kehilangan satu sepeda motor.

Usai adanya inovasi pembagian kunci secara gratis, dia menilai kasus curanmor menjadi menurun hingga kini.

“Menurut data yang kami terima laporan, setiap minggunya terjadi dua hingga tiga kejahatan curanmor. Berarti berhasil memangkas 50 persen kejadian sebenarnya,” jelasnya.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024